Sunday, January 17, 2016

Gallery Girl


Yellow !!

Saya mau berbagi tentang hal yang senang saya lakukan untuk mengisi waktu liburan. Selain piknik yang sudah pernah saya bahas sebelum nya disini dan disini, saya juga suka menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi galeri seni. Bermula beberapa tahun lalu ketika saya mulai tertarik melihat billboard di halaman depan Galeri Nasional Indonesia yang saya lalui setiap perjalanan pulang kerja dari kantor saya yang berada di daerah Jakarta Pusat. Kemudian saat weekend tiba saya merasa bosan di rumah tapi malas pergi ke tempat yang ramai, lalu terpikirlah untuk mencoba mengunjungi Galeri Nasional yang sering saya lewati. Pada saat pertama kali mengunjungi Galeri Nasional, saya cukup terkagum-kagum dengan apa yang saya lihat. Karena saya memiliki ketertarikan dengan gedung dan arsitektur bersejarah, saya sangat menikmati keindahan kompleks gedung Galeri Nasional yang merupakan bangunan tua peninggalan Belanda. Saya juga disuguhi dengan karya karya seni yang menarik dari pameran SEA+ Triennale yang saat itu sedang digelar. Walaupun bukan ahli seni selayaknya kurator, tapi sederhananya saya suka dan enjoy bila melihat barang-barang yang lucu, unik dan nyeni. Hal lain yang menyenangkan dari pergi ke galeri adalah barang-barang atau pemandangan yang disuguhkan biasanya insta-worthy alias worth to post on instagram .... *dokumentasi itu penting banget kan ? :D. Talking about insta-worthy documentation, saya punya it-pose setiap saya mengunjungi galeri seni,  yaitu foto ketika saya sedang (pura-pura) mengamati sebuah lukisan hehe.. ala ala kurator gitu laah.


@SEA+ Triennale 2013 | Galeri Nasional Indonesia
@Artphoria 2014 | Senayan City
salah satu karya yang saya suka, I called it 'menunggu sampai jamuran' :D 

Saya memiliki keinginan untuk mengunjungi art gallery di setiap daerah yang saya datangi, seperti pada saat masih di Australia, saya rutin mengunjungi art gallery di Melbourne atau ketika sedang berlibur ke Canberra dan Queensland.  

@Queensland Gallery of Modern Art

Foto yang satu ini agak istimewa karena saat itu saya dan si Abang beserta beberapa teman liburan bersama ke Queensland. Sebenarnya tidak ada agenda mengunjungi art gallery dalam itinerary kami, tapi saya ngotot ingin ke Queensland Gallery of Modern Art. Setelah ada sedikit drama, akhirnya si Abang memutuskan untuk berpisah dari rombongan dan mengantar saya ke art gallery. Jadi setiap saya melihat photo ini saya teringat usaha dia untuk menemani saya ke art gallery dan menyukai apa yang saya suka. <3
Ohiya, guess what I found in Queensland Gallery... art works by Indonesian artist! 



Surprise yet proud when I found art works by Indonesian artist in Australia
@National Portrait Gallery - Canberra

National Portrait Gallery is one of the must-visit place in Canberra. Galeri ini berisi lukisan ataupun potret dari orang-orang yang memiliki kontribusi penting di Australia. Mulai dari mayor yang berjasa membangun Australia, jurnalis yang mendirikan Herald Sun, pemilik Myer Department Store, ataupun artis-artis Hollywood berdarah Australia. Sayang nya saya tidak sempat difoto dengan it-pose di galeri ini karena terlalu banyak petugas security, takut ditegur dan mau bertanyapun sudah ciut-nyali duluan. Akhirnya si abang yang berhasil saya foto candid dengan it-pose. ^^/ Kalau kamu berkesempatan  berlibur ke Canberra jangan lupa mampir ke National Portrait Gallery ya, a worth place to visit!

o-iya, dari pengalaman saya berkunjung ke art gallery di Australia, biasanya ada peraturan yang harus dipenuhi, misalnya dilarang berdiri terlalu dekat atau menyentuh benda yang dipamerkan. Makanya banyak petugas security yang berjaga-jaga di ruang galeri. Namun beda halnya jika di Indonesia, karena belum pernah saya mengalami jalan - jalan di Galeri Nasional sembari diamati oleh petugas security. Bahkan sebenarnya tidak ada petugas security sama sekali ^^ jadi bisa lebih enak bergaya sembari poto poto!. Tapi tetap loh yaa jangan sampai merusak karya seni yang di pamerkan !   :)


@Hermitage Exhibition - National Gallery of Victoria, Melbourne
@Hermitage NGV, Exhibition that 'wow' me the most

Sesekali foto nya tampak depan yaa biar muka nya keliatan hihi

@Long Gallery - Monsalvat, Melbourne

@Cowen Gallery - State Library of Victoria

Thanks for reading peeps,
Happy weekend!!  Yuk ke galeri ! ^^

salam
Wulan




No comments:

Post a Comment